Edutainment

Andika Pratama, Mahasiswa Vokasi UI, Jadi Abang Jakarta 2022

JAKARTA – Dua mahasiswa Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) Andika Pratama, mahasiswa program studi (prodi) Administrasi Perpajakan, Program Pendidikan Vokasi, dan Salwa Rafila, mahasiswa prodi Adminstrasi Rumah Sakit, raih gelar pada Malam Puncak Abang None Jakarta 2022.

Andika Pratama berhasil meraih gelar Abang Jakarta 2022, sedangkan Salwa Rafila menerima mahkota Wakil I None Jakarta 2022.

Andika mengatakan bahwa menjadi Abang Jakarta merupakan implementasi ketulusan dengan cara memperlakukan warga Jakarta selayaknya keluarga agar mereka merasakan bahwa Abang dan None Jakarta merupakan bagian penting dari diri mereka.

Ia menambahkan, “Adab serta perilaku yang dimiliki Abang dan None harusnya menjadi sosok yang inklusif, yaitu sosok yang dapat menempatkan diri di semua kalangan, berjiwa sosial tinggi, memiliki empati yang besar, kecerdasan emosional, serta energi yang positif.

Baca Juga: Mahasiswa Teknik Sipil UNS Raih Juara 1 Lomba Beton Tingkat Nasional

Bagi Saya, Abang dan None Jakarta bukanlah acara seremonial tahunan semata, tetapi harus memberikan dampak bagi negeri.”

Finalis Abang None Jakarta 2022 juga mengikuti karantina untuk pembekalan, penilaian, dan penjurian. Beberapa pembekalan yang diberikan, yaitu berbagai hal yang berkaitan dengan pariwisata, psikologi, ekonomi kreatif, komunikasi, budaya Betawi, serta pemerintahan.

Pada kegiatan tersebut, Andika mengusung kampanye bertagar #JakartaForEveryone dengan maksud bahwa Jakarta sebagai kota global, tidak hanya berfokus kepada pembangunan infrastruktur saja, juga pada pembangunan sumber daya manusia.

Kesetaraan merupakan wujud penting dalam pembangunan kota Jakarta sebagai kota global. Ia ingin #JakartaForEveryone terus menggaung dan menggema di kota tersebut.

“Saya berharap bisa menjadi role model bagi generasi muda untuk berkarya dan berbakti kepada masyarakat. Saat ini, saya telah mendirikan program Sejuta Tangan untuk Negeri yang bergerak di bidang pendidikan anak putus sekolah, disabilitas, dan anak kurang mampu,” ujar Andika.

Di perhelatan yang sama, Salwa Rafila, yang sebelumnya merupakan Wakil II None Jakarta Selatan 2022 berhasil melaju ke malam final Abang None Jakarta 2022 yang digelar di Teater Ciputra Artpreneur Jakarta Selatan, pada Jumat (02/09).

Salwa bercerita pengalamannya selama proses karantina dan pembekalan.

“Saya belajar banyak hal, salah satunya adalah perubahan perspektif cara berpikir. Menjadi None bukan hanya tentang menjadi seorang perempuan yang baik dan pintar, melainkan juga tulus,” kata Salwa.

Selama menjadi Wakil I None Jakarta 2022, Salwa akan menjalankan program berupa peningkatan social awareness tentang vaksinasi dosis 3 atau booster.

“Hingga saat ini, capaian vaksin dosis 3 baru menginjak di angka 25%. Sehingga, Saya sebagai mahasiswa di bidang kesehatan, terus berupaya meningkatkan edukasi dan sosialisasi terkait pentingnya vaksin dosis 3,” ujarnya.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, mengungkapkan rasa bangganya terhadap prestasi yang diraih oleh Andika dan Salwa.

Menurutnya, menjadi Abang dan None Jakarta merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan generasi muda sebagai duta pariwisata untuk memperkenalkan budaya Jakarta.

“Kami sangat mendukung kegiatan yang akan dilakukan Abang Andika dan None Fila selama menjabat sebagai Abang None Jakarta. Saya berharap program yang dijalankan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas,” ujar Padang. (*/ui)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
%d bloggers like this: