Banner Iklan Halo Pendidikan
Akademia

Dua Profesor IPB University Masuk Top 100 Ilmuwan Terbaik Asia

IPB University

BOGOR – IPB University layak disebut universitas yang memiliki disiplin keilmuan yang lengkap. Tidak hanya berfokus pada bidang pertanian dalam arti sempit, IPB University juga unggul dalam pengembangan keilmuan bidang bisnis dan manajemen. Hal ini terbukti dengan kiprah dua ilmuwannya yang diakui di tingkat nasional maupun internasional.

Baru-baru ini, sebuah lembaga perangkingan ilmiah bernama AD Scientific Index (Alper-Doger Scientific Index) telah mengumumkan World Top 100 Scientist Rankings 2023.

Indeks ilmiah yang dikembangkan oleh Prof Murat ALPER dan Associate Prof Cihan DOGER ini merupakan sistem peringkat dan analisis ilmuwan di dunia berdasarkan kinerja ilmiah dan nilai tambah dari produktivitas ilmiah mereka. Selain itu, indeks ini memberikan peringkat institusi berdasarkan karakteristik ilmiah dari ilmuwan yang berafiliasi.

Adapun basis penilaian dan pemeringkatan ilmuwan seperti yang dilansir dari laman AD Scientific Index adalah dilihat dari produktivitas dan efektivitas kerja peneliti dalam lima tahun terakhir. Sejumlah indikator yang disajikan dalam pemeringkatan ini di antaranya adalah h-index, i10 index dan jumlah sitasi. Pada tahun ini AD Scientific Index menilai ilmuwan yang berasal dari 19,300 institusi dan 216 negara.

Dua orang profesor IPB University masuk dalam daftar pemeringkatan dunia AD Scientific Index untuk bidang ilmu marketing.  Mereka adalah Prof Ujang Sumarwan dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) dan Prof Mukhamad Najib dari Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM).

Baca Juga: Platform BeProfesion, Untuk Anda yang Persiapan Ujian Sertifikasi Profesi

Dari sebanyak 1.185 ilmuwan bidang marketing yang masuk dalam perangkingan tingkat Asia, Prof Ujang Sumarwan menduduki peringkat 58, sementara Prof Mukhamad Najib menduduki peringkat 82. Selain itu, berdasarkan kategori ilmu bisnis dan manajemen, kedua professor IPB University ini masuk dalam Top 2 persen ilmuwan berpengaruh bidang bisnis dan manajemen di Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan oleh AD Scientific Index tentang World Top 100 Scientist Rankings 2023 diketahui bahwa Prof Ujang Sumarwan memiliki H-index: 26 dengan i10: index: 71 dan total sitasi: 8611. Sementara Prof Mukhamad Najib memiliki H-index: 24 dengan i10 index: 55 dan total sitasi:  2100.

Kiprah kedua profesor IPB University ini dalam pengembangan keilmuan marketing tidak diragukan lagi. Prof Ujang Sumarwan saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekologi Manusia dan Presiden Asian Association of Consumer Interest and Marketing (AACIM). Sementara Prof Mukhamad Najib saat ini tengah bertugas sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra. Keduanya aktif menulis di jurnal ilmiah bereputasi, baik tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, mereka aktif menyebarkan ilmunya melalui seminar, konferensi maupun tulisan-tulisan di media massa.

Menurut Prof Ujang, capaian ini bukanlah hasil kerjanya sendiri, melainkan ada kontribusi dari banyak pihak.

“Saya menyadari bahwa karya ilmiah yang berkualitas dan bermanfaat adalah hasil pemikiran bersama. Begitu juga karya-karya saya, itu merupakan hasil kolaborasi dengan banyak pihak termasuk mahasiswa dan kolega. Oleh karena itu saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semuanya, juga kepada IPB University yang telah memberikan lingkungan ilmiah yang terbaik,” jelas Prof Ujang.

Ia berharap capaian ini bisa menjadi referensi bagi para mahasiswa dan dosen muda.

“Saya menaruh perhatian kepada para mahasiswa dan dosen muda yang ingin bergiat dalam ilmu pengetahuan. Semoga capaian ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi mereka, bahwa segala sesuatu yang ditekuni dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan sesuatu yang baik di masa depan,” tuturnya.

Sementara Prof Najib berpendapat bahwa perangkingan ini merupakan refleksi dari jejak ilmiah yang selama ini telah diciptakan.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Banner Iklan Halo Pendidikan
To Top
%d bloggers like this: