Banner Iklan Halo Pendidikan
Akademi

FKM Unhas Submit Jurnal MKMI Menuju Indeksasi Scopus

Submit Jurnal MKMI

MAKASSAR – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) melalui tim editor Jurnal Media Kesehatan Masyarakat Indonesia (MKMI) yang dipimpin langsung oleh Dr. Ida Leida, SKM., MKM., M.Sc.PH sebagai Editor in chief bersama Rektor Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., melakukan submit jurnal MKMI terindeks scopus. Kegiatan submission tersebut berlangsung pukul 12.00 Wita ruangan rektor, Lantai 8 Gedung Rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar, Selasa (24/01).

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Ketua PMC Unhas Prof. Dahlang Tahir beserta jajaran tim, Sekretaris Rektor (Dr. Sawedi Muhammad), dan beberapa dosen lingkup FKM Unhas.

Mengawali kegiatan, Dr. Ida Leida menjelaskan perjalanan panjang proses persiapan jurnal MKMI untuk terindeks scopus. Dirinya mengatakan, MKMI sudah ada sejak Juni 1999 dan menjadi jurnal pertama dengan nama Paradigma.

“Setelah melalui proses panjang, kemudian berubah nama menjadi jurnal MKMI dan memperoleh ISSN LIPI pada tahun 2004-2015. Hingga saat ini, telah memperoleh akreditasi nasional oleh Kemendikbudristek. Terima kasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan PMC maupun pimpinan Unhas untuk pengembangan jurnal MKMI,” jelas Dr. Ida Leida

Baca Juga: Bahas Kolaborasi Penelitian Bidang Kesehatan Mata, Tim Peneliti dari St. Andrews University Kunjungi Unhas

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof. JJ menyampaikan apresiasi atas upaya tim editor Jurnal MKMI FKM Unhas yang terus melakukan upaya pembenahan hingga proses submission jurnal terindeks scopus. Dirinya mengatakan, hal ini tentu tidak mudah dilakukan, namun berkat kolaborasi yang baik proses submit jurnal berjalan dengan lancar.

“Saat ini kita tidak berfokus pada kuantitas jurnal, tapi kualitasnya. Ini yang coba dibenahi secara berkelanjutan oleh Unhas melalui bantuan PMC. Kita harapkan ke depan kualitas jurnal Unhas semakin baik dan menjadi salah satu media informasi akademik bagi para akademisi Unhas secara khusus dan masyarakat luas secara umum,” jelas Prof. JJ.

Secara umum, Jurnal MKMI merupakan media yang memiliki kapasitas dalam melakukan pengembangan ke arah terindeks scopus. Sejauh ini, Jurnal MKMI senantiasa mampu mempertahankan kualitasnya yang telah terakreditasi Sinta-2. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar dan hikmat hingga pukul 13.00 Wita. (*/unhas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Banner Iklan Halo Pendidikan
To Top
%d bloggers like this: