Tips & Trik

Mau Tau, Tips Belajar yang Efektif?

Tips Belajar

Tak bisa dipungkiri, salah satu cara agar siswa mampu berkompetisi dan meraih kesuksesan dalam pendidikannya, adalah dengan belajar.

Pada dasarnya, kita semua terlahir dengan kemampuan yang sama. Perbedaannya hanya terletak pada, bagaimana kita memanfaatkan dengan baik apa yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT kepada kita.

Sebagai siswa, jika kalian memiliki keinginan dan usaha yang keras dalam belajar, maka yakinlah, kalian pasti akan menjadi pandai dan menjadi siswa yang sukses.

Lalu bagaimana cara agar kalian sukses dalam belajar? Berikut tips belajar yang teman-teman bisa praktekkan.

Berdoa

Sebelum belajar, maka hal pertama yang harus kalian lakukan adalah berdoa. Berdoalah kepada Allah agar diberi kemudahan dalam memahami materi pelajaran dan kelancaran dalam proses belajar mengajar.

Kesadaran dan Kemauan

Awali segala sesuatu dengan niat yang baik. Niatkan pada dirimu untuk belajar dan mendapatkan manfaat dari ilmu yang akan kalian pelajari.

Membuat Target

Target belajar harus dibuat untuk meningkatkan keinginan mendapatkan hasil terbaik. Kalian perlu membuat target agar dapat melalui tahap atau ujian dengan baik dan buat target nilai lulus.

Belajar Secara Rutin

Belajar secara rutin perlu dilakukan agar materi pelajaran yang kalian pelajari benar-benar nyangkut di pikiran kalian. Bahkan sambil bermain, kalian tetap bisa belajar.

Baca Juga: Anggaran Pendidikan Tahun Depan Capai Rp 608,3 Triliun

Buat Ringkasan Materi, Baca dan Pahami

Buat ringkasan materi yang sudah dipelajari, yaitu poin-poin penting dengan rapi. Baca ringkasan materi yang telah dibuat hingga 2-3 kali sehari, sehingga bisa dipahami. Belajar berkali-kali membuat membuat kita lebih cepat memahami apa yang dipelajari.

Aktif Bertanya

Jika ada yang kurang dipahami, segeralah tanyakan kepada guru atau pada teman-teman yang lebih pandai.

Belajar Kelompok

Belajar dengan cara berkelompok membuat permasalahan atau soal yang sulit, akan terpecahkan. Apalagi, jika ada teman kelompok, yang lebih cerdas, yang lebih memahami suatu permasalahan.

Ikuti Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Teman-teman harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan agar bisa menambah wawasan. Seiring dengan perkembangan teknologi digital, teman-teman bisa belajar melalui media cetak dan elektronik, seperti TV, youtube dll.

Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi

Dan yang tak kalah pentingnya adalah, mengonsumsi makanan/minuman yang sehat dan bergizi seimbang, karena hal ini dapat menambah stamina tubuh, agar lebih konsentrasi dengan apa yang diterangkan guru, yang diajarkan teman. (*/)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
%d bloggers like this: