Banner Iklan Halo Pendidikan
Akademia

Membanggakan … Laboratorium Mikrobiologi Klinik FKUI Raih Akreditasi 15189 dari Komite Akreditasi Nasional

Laboratorium Mikrobiologi Klinik

JAKARTA – Predikat membanggakan berhasil dikuir Laboratorium Mikrobiologi Klinik (LMK) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) karena berhasil menempatkan LMK sebagai laboratorium mikrobiologi klinik pertama dan satu-satunya peraih ISO 15189 di Indonesia. Mikrobiologi Klinik sangat berperan dalam pencegahan dan pengendalian penyakit infeksi, dengan menunjang diagnosis dan melakukan deteksi penyebab yang tepat, sehingga dapat memandu klinisi melakukan tatalaksana yang benar dan tidak memicu resistensi antimikroba.

Hingga saat ini, penyakit infeksi masih merupakan masalah kesehatan secara global. Berbagai penyakit baru muncul, dan yang lama muncul kembali juga (penyakit emerging dan re-emerging), seperti COVID-19 dan monkey pox. Masalah resistensi antimikroba juga meningkat dengan pesat sehingga menjadi masalah dunia.

Sejak 1960-an, LMK FKUI telah dipercaya memberikan pelayanan pemeriksaan mikrobiologi. Laboratorium ini memiliki pengalaman menjadi pusat rujukan nasional World Health Organization (WHO) untuk kasus influenza.

Selain itu, lab tersebut merupakan mitra Departemen Kesehatan (kini Kementerian Kesehatan) Republik Indonesia untuk pencegahan dan mengatasi epidemi kolera dengan melakukan pendampingan dan pelayanan jemaah haji ke Arab Saudi. LMK FKUI juga pernah ditunjuk sebagai pusat rujukan nasional untuk pemeriksaan mikrobiologi klinik oleh Menteri Riset dan Teknologi pada tahun 1994.

Baca Juga: Budaya Lokal, Antar Mahasiswi UNAIR Raih Juara 3 Kompetisi Esai Nasional

LMK FKUI terakreditasi WHO sebagai “WHO National HIVDR Laboratory” untuk pemeriksaan resistensi obat antiretroviral (ARV) yang digunakan dalam terapi infeksi HIV. LMK ini merupakan laboratorium pertama yang ditetapkan oleh Kemenkes RI sebagai laboratorium nasional untuk pengujian resistensi obat ARV sebagai penunjang program Pengendalian HIV/AIDS dan Infeksi Menular Seksual (IMS) di Indonesia.

Pada saat terjadi epidemi flu burung, LMK FKUI ditunjuk oleh Kemenkes RI sebagai laboratorium regional untuk flu burung yang selanjutnya melakukan surveilans SARI (severe acute respiratory infection) dan ILI (influenza-like illness). LMK FKUI juga terlibat dalam jejaring TB Nasional, yaitu dengan ditunjuknya LMK FKUI menjadi laboratorium rujukan nasional Kemenkes RI untuk pemeriksaan tuberculosis, seperti pemeriksaan molekuler, serologi, MOTT, dan riset operasional TB.

Peran dan keberadaan LMK FKUI terhadap upaya menyehatkan bangsa semakin terlihat di era pandemi COVID-19. LMK FKUI ditunjuk sebagai laboratorium pemeriksa COVID-19 dan dipercaya melakukan uji validasi kit, uji PCR, dan rapid antigen. Kepercayaan ini tentu semakin memacu LMK FKUI untuk menjadi laboratorium yang memberikan pelayanan yang bermutu dan profesional.

Ketua LMK FKUI, dr. R. Fera Ibrahim, M.Sc., Ph.D., Sp.MK mengatakan, “Akreditasi LMK FKUI dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab, memperkokoh, dan pembuktian kemampuan serta profesionalitas. Pada 20 Juli 2022, KAN memberikan kepercayaan kepada LMK FKUI sebagai laboratorium medik melalui akreditasi ISO 15189 dengan nomor akreditasi LM-089-IDN yang berlaku selama 5 tahun,” ujar dr. Fera pada Syukuran LMK FKUI Lulus ISO 15189 yang berlangsung pada Sabtu (17/09/2022).

Sebelumnya, LMK FKUI juga telah terakreditasi penuh oleh Komite Akreditasi Laboratorium Kesehatan (KALK) sebagai Laboratorium Kesehatan pada tanggal 12 September 2019 yang juga berlaku selama 5 tahun. Fera Ibrahim menyampaikan bahwa keberadaan LMK FKUI di pusat Jakarta mendapatkan respons yang sangat baik dari klinisi, masyarakat, pemerintah, dan stake holder lainnya.

“Terima kasih rasanya perlu kami sampaikan kepada seluruh tim LMK FKUI, mulai dari wakil ketua 1 Dr. dr. Yeva Rosana, M.S., Sp.MK(K), wakil ketua 2 dr. Tjahjani Mirawati Sudiro, Ph.D., tim pakar, dan seluruh staf yang telah bekerja keras sehingga akreditasi ISO 15189 dapat diraih. Selain itu, tentu saja terima kasih kepada Ketua Departemen Mikrobiologi Klinik FKUI dr. Yulia Rosa Saharman, Ph.D., Sp.MK(K), dan Dekanat FKUI atas dukungan penuh serta fasilitas kepada semua staf dan personil LMK FKUI sehingga tercipta layanan yang profesional dengan memprioritaskan mutu dan keselamatan pasien.”

Sementara itu, Ketua Tim Pakar LMK FKUI Prof. dr. Pratiwi Pudjilestari Sudarmono, Ph.D., Sp.MK(K) menyampaikan bahwa LMK FKUI juga memiliki bidang riset pengembangan yang menjamin semua kualitas pelayanan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan ilmu terkini.

“LMK FKUI juga memberikan pelatihan kepada laboratorium jejaring untuk melakukan pemeriksaan mikrobiologi klinik yang sesuai standar. Keunggulan lainnya untuk pelayanan di LMK FKUI adalah pengalaman dari para staf pengajar Departemen Mikrobiologi klinik FKUI yang melakukan berbagai penelitian, kerja sama, dan pelatihan di dalam dan luar negeri. Peran serta dan kerja sama multidisiplin profesi selalu dilakukan dalam upaya pencegahan dan pengendalian infeksi dan resistensi antimikroba di rumah sakit,” kata Prof. Pratiwi.

Pencapaian ini diapresiasi oleh Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB.

“Selamat atas kerja keras yang luar biasa dari LMK FKUI atas pencapaiannya sebagai laboratorium Mikrobiologi Klinik yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang berhasil Lulus ISO 15189. Saya sangat mengapresiasi pencapaian yang hebat ini, semoga LMK FKUI dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas serta menjadi pelopor dan inspirasi untuk laboratorium yang lain. Jaya terus LMK FKUI,” ujarnya.

Baca Juga: Unpad Kembangkan Fasilitas Kantin Kampus Halal dan Thayyib

MK FKUI ditetapkan sebagai Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (UKK PPM) FKUI pada 2018 sesuai dengan SK Rektor UI No 2735/SK/R/UI/2018. LMK FKUI selalu berupaya memberikan pelayanan TePAT atau Terpercaya, Profesional, Akurat, Terjangkau sesuai dengan visinya, yaitu untuk menjadi pusat ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Mikrobiologi Klinik/Medik.

Pelayanan di LMK FKUI meliputi pencarian etiologi penyakit infeksi, uji kepekaan terhadap antimikroba, pemeriksaan imunologi penyakit infeksi, dan melayani konsultasi klinik untuk optimalisasi penatalaksanaan pasien melalui jasa laboratorium yang meliputi pemeriksaan bakteriologi, serologi, lingkungan dan industri, mikologi, tuberculosis, virologi dan biologi molekuler, serta penyediaan media untuk kebutuhan pemeriksaan laboratorium mikrobiologi.

Selain itu, LMK FKUI juga telah banyak berperan sebagai sarana pembelajaran dan penelitian, khususnya untuk program studi spesialis mikrobiologi klinik dan program magister serta doktor dalam bidang mikrobiologi.

LMK FKUI beralamat di Jl. Pegangsaan Timur No. 16, Cikini, Jakarta Pusat. LMK FKUI memiliki layanan WhatsApp di nomor 081210386813 dan 081384300467 atau dapat dihubungi melalui telepon (021) 31609412, 31922850, 3100806 dan e-mail lmk.fkui.rscm@gmail.com. Informasi lebih lengkap tentang LMK FKUI dapat dilihat di situs web www.lmk-fkui.com.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Banner Iklan Halo Pendidikan
To Top
%d bloggers like this: